countable dan uncountable noun

Noun punya banyak sekali jenis, bahkan di antara part of speech lainnya, noun-lah yang paling banyak klasifikasinya. Salah satu klasifikasi noun yang paling umum adalah countable dan uncountable noun. Apa itu countable dan uncountable noun? Apa perbedaan keduanya dan bagaimana membedakannya? Berikut ini penjelasan lengkapnya untukmu, LCers tercinta!

Countable Noun

Saat belajar bahasa Inggris di topik noun, materi noun inilah yang akan kamu pelajari pertamakali. Countable noun adalah kata benda yang jumlahnya bisa dinyatakan dalam satuan hitung, yang artinya benda tersebut dapat ditentukan jumlahnya dengan mudah. Contoh benda-benda yang termasuk ke dalam countable noun misalnya person, fruit, plant, dan benda-benda lain yang jumlahnya mudah dihitung.

Countable noun tidak bisa dinilai jumlahnya dengan satuan kilogram dan satuan-satuan berat lainnya. Sebab satuan hitung yang berlaku untuk countable noun adalah quantifier seperti 1, 2, 3, dan seterusnya. Selain normal quantifier, kamu juga bisa menggunakan many, a couple of, dan some untuk countable noun.

Dalam penggunaannya bersama quantifier, countable noun dibagi menjadi 2, yaitu singular dan plural noun. Singular noun adalah kata benda yang memiliki jumlah tunggal (1 saja), sedangkan plural noun adalah kata benda yang jumlahnya lebih dari 1. Saat kamu ingin menggunakan plural noun, kamu perlu menambahkan huruf “-s/-es” di belakangnya.

Example:

  • I’ve bought a chocolate cake for you, don’t cry anymore
  • I’ve bought two chocolate cakes for you, don’t cry anymore
  • I’ve bought some chocolate cakes for you, don’t cry anymore

Di dalam contoh di atas, chocolate cake adalah countable noun, karena jumlahnya mudah dihitung. Pada contoh pertama, chocolate cake-nya berupa singular noun, sehingga depannya ditambahi particle a (selain a, ada particle lain yaitu an dan the).

Pada contoh kedua, chocolate cake-nya menjadi plural noun karena jumlahnya ada dua. Sedangkan pada contoh ketiga, jumlah jelasnya tidak disebut, tapi karena chocolate cake adalah countable maka yang digunakan adalah some, yang artinya “beberapa/lebih dari satu”

Uncountable Noun

Kebalikan dari countable noun, uncountable noun adalah kata benda yang jumlahnya sulit untuk dihitung. Biasanya quantifier normal seperti 1, 2, 3, dan seterusnya tidak berlaku untuk uncountable noun. Quantifier yang digunakan untuk uncountable noun yang bisa diukur misalnya kilogram, debit, dan semacamnya. Sedangkan untuk uncountable noun yang tidak jelas ukurannya, quantifiernya adalah much, a lot of, a few, a little, dan a bit.

Dikarenakan uncountable, tidak ada istilah singular atau plural noun di sini. Jadi berapa pun jumlah benda yang ada, tidak ada tambahan “-es/-s” di belakang benda tersebut. Contoh uncountable noun misalnya sugar, salt, pepper, water, gas, dan masih banyak lagi.

Example:

  • Don’t add too much sugar on your tea or you’ll get fat!
  • Mike delivers lots of love for you
  • Please add a little more salt and pepper on your fried rice

 

Itulah pembahasan lengkap mengenai perbedaan countable dan uncountable noun yang harus kamu pahami! Sekarang sudah paham bukan, apa perbedaan mendasar dari keduanya? Diingat-ingat terus ya, LCers!

Kalau kamu masih punya banyak kesulitan lain saat belajar bahasa Inggris, sok atuh langsung datang ke Kampung Inggris Pare! Di Kampung Inggris LC, kamu akan merasakan sensasi kursus bahasa Inggris yang menyenangkan dan bikin kamu lebih gampang pintar!

Sambil mempersiapkan diri buat ke Kampung Inggris LC, kamu bisa nih mempelajari materi keren dari kami satu ini: Confusing Word Series – All Ready atau Already?