perbedaaan do does

Salah satu kata paling unik dalam bahasa Inggris adalah “do”. Bagaimana tidak? Kata do merupakan satu-satunya verb yang bisa disatukan dengan kata “not”. Selain itu, verb satu ini juga digunakan untuk melengkapi verb lainnya dalam bentuk negatif.

Example:

I do it worse than anyone else does (positive)

I don’t do it worse than anyone else (negative)

Lalu apa bedanya do dan don’t? Bagaimana dengan kata-kata lain seperti does, did, done, dan yang lainnya? Simak perbedaan do dan does, doesn’t, don’t, did, done berikut ini.

Perbedaan Do, Does, Did, Doing, dan Done

Membedakan do, does, did, doing, dan done sebenarnya mudah asal kamu tahu fungsinya. Jadi berikut ini kami terangkan pula fungsi dan contoh penggunaan mereka dalam kalimat.

Do

Dalam bahasa Inggris, do memiliki dua pengertian. Pertama sebagai kata kerja, verb artinya melakukan. Sedangkan dalam tatanan grammar, do juga berperan sebagai auxiliary verb untuk menunjang kata kerja lainnya.

Itulah alasannya mengapa kadang-kadang do bisa berdiri sendiri sebagai verb biasa. Dan di waktu lain bisa menjadi pelengkap bagi kata kerja lainnya. Do biasanya berperan sebagai auxiliary verb jika didahului oleh subject I, you, we, dan they.

Example:

You do all the group assignments solely. (do bertindak sebagai verb biasa)

They don’t understand what you say. (do bertindak sebagai auxiliary verb)

Does

Does memiliki kedudukan yang sama dengan does, bedanya does tidak memerankan peran ganda seperti do. Satu-satunya peran does adalah sebagai auxiliary verb untuk subject nama orang, he, she, dan it.

Example:

She doesn’t know how to break up with her boyfriend who likes to hit her.

He doesn’t understand her girlfriend want to break up with him.

Did

Did tidak seperti do dan does yang memiliki fungsi berbeda tergantung subject yang mendahuluinya. Kata kerja ini bisa bertindak sebagai Verb 2 dari kata kerja biasa “do”. Juga, did bisa menjadi auxiliary verb bagi subject di bentuk kalimat past tense.

Example:

  • You did the job better than me. (did sebagai verb biasa)
  • I didn’t do the job better than half of class. (did sebagai auxiliary verb)

Doing

Doing adalah bentuk Verb ing dari kata kerja “do”. Akan tetapi kata doing juga bisa menjadi gerund yang mengawali penjelasan tentang kondisi. Supaya lebih jelas, simak contoh di bawah ini ya!

Example:

  • She’s doing her job in a deep focus. (doing sebagai verb biasa)
  • How are you doing? Are you doing well? (doing sebagai gerund)

Done

Jika do dan did artinya adalah melakukan, maka bentuk Verb 3 dari do ini memiliki dua arti. Pertama, sama seperti bentuk asalnya, done bisa berarti (telah) melakukan. Sedangkan yang kedua, done bisa berarti “selesai”. Selama ini, bahkan orang English native lebih banyak mengartikan done sebagai arti kedua.

Dibandingkan dengan “telah melakukan”, mengartikan done sebagai “selesai” kesannya memang lebih simpel dan mudah diingat.

Example:

You’ve done the homework so early. (done sebagai verb biasa yang artinya melakukan)

I’m done waiting for your love! (done yang artinya selesai)

Fungsi Lain Do, Did, dan Does

Selain fungsi-fungsi di atas, ada satu fungsi khusus lagi yang dimiliki do, did, dan does. Fungsi tersebut adalah untuk menyatakan kesungguhan. Dalam hal ini, do, did, dan does bisa memiliki arti “benar-benar”.

Example:

I do writing a long chat and send it to her (aku benar-benar menulis chat panjang dan mengirim itu padanya).

She does finish her assignment just 30 minutes before the teacher come (dia benar-benar menyelesaikan tugasnya hanya 30 menit sebelum guru datang).

I did listening to you! I was just too busy to respond! (aku benar-benar mendengarkanmu! Aku hanya terlalu sibuk untuk menjawabnya!)

 

Nah, itulah perbedaan do, does, did, doing, done, dan cara menggunakannya dalam kalimat. Diingat baik-baik ya supaya ilmu kamu bertambah!

Dan ohya, kalau ingin mempraktikkan pelajaran di atas dengan baik, kamu bisa kapanpun datang ke Kampung Inggris Pare, lho! Hingga saat ini, Kampung Inggris Pare masih jadi pusat bahasa terbaik di Indonesia! Jadi jangan sia-siakan hidupmu dan luangkan waktu untuk belajar bahasa Inggris intensif bersama kami.

Kampung Inggris Search :

  • bedanya do sama did
  • do atau doing
  • Fungsi do does did
  • perbedaan do dan did
  • perbedaan does do dan doesnt
  • perbedaan what do you do dan what are you doing