Perbedaan Say dan Tell dalam Bahasa Inggris

Dalam bahasa Inggris, ada sangat banyak kata yang memiliki arti mirip, di antaranya adalah say dan tell. Meski keduanya sama-sama berarti “mengatakan”, ternyata keduanya berbeda lho dari segi penggunaannya. Jadi apa perbedaan say dan tell sekaligus contohnya? Kampung Inggris punya penjelasannya untukmu di bawah ini.

Say

Menurut Cambridge Dictionary, “say” diartikan sebagai to give an opinion or suggestion about something”. Jika diartikan dalam bahasa Indonesia, “say” sama artinya dengan “mengatakan sesuatu”.

Penggunaan kata “say” bebas, boleh diikuti dengan object atau tidak. Hal tersebut dikarenakan “say” merupakan transitive dan intransitive verb sekaligus.

Contoh:

  • “You’re not allowed to go outside at night”, our mother said (BENAR)
  • Our mother said that we’re not allowed to go outside at night (BENAR)

Meski demikian, biasanya dalam kalimat kata “say” diikuti dengan noun, noun phrase, atau dependent clause.

Contoh:

  • Glenn just wanted to say sorry to you all
  • I don’t know what to say, I’m speechless
  • She said “watch out!” to the children but it was too late

Tell

Selanjutnya kita akan membahas tentang “tell”, yang dalam bahasa Indonesia berarti sama dengan “say”, tapi di bahasa Inggris berbeda. Menurut Cambridge Dictionary, “tell” adalah to say something to someone, often giving him or her information.

Jika diartikan dalam bahasa Indonesia, definisi itu bunyinya begini: mengatakan sesuatu ke orang lain, untuk memberi informasi tertentu. Dari sini, kamu dapat melihat bahwa “tell” membutuhkan object person dalam kalimatnya. Dan juga berbeda dengan “say”, “tell” adalah transitive verb.

Contoh:

  • Arlan couldn’t tell (SALAH)
  • Arlan couldn’t tell Kana that he loves her so much (BENAR)

Yep, dalam definisi tersebut, kamu bisa menangkap kata “say” masuk dalam definisi “tell”. Dari sini saja, kita dapat menyimpulkan bahwa “tell” termasuk dalam “say”, tapi “say” berbeda  dengan “tell”.

 

Itulah penjelasan lengkap mengenai perbedaan “say” dan “tell” disertai dengan contoh penggunaannya. Jadi jangan bingung lagi ya kamu jika ingin menggunakan say atau tell dalam sebuah kalimat.

Kalau kamu ingin belajar bahasa Inggris dengan lebih intensif lagi, Kampung Inggris adalah tempatmu! Di Kampung Inggris, kamu bisa puas-puasin belajar sampai jago bahasa Inggris!

Ingin tahu materi lain yang nggak kalah serunya dari ini? Coba klik materi satu ini: Perkenalan dalam Bahasa Inggris Disertai Contoh