telephone tips in english

Berbicara menggunakan bahasa Inggris memang sedikit menakutkan bagi yang tidak biasa. Hal ini apalagi jika dilakukan dengan telephone. Saat berkomunikasi dengan telepon kamu tidak bisa membaca gerakan mulut dan gesture lawan bicara kamu. Jadi kamu terpaksa harus mengandalkan listening skill untuk dapat menangkap maksud dari pembicaraan. Hal lain yang sering membuat orang takut berbicara Inggris di telephone juga berhubungan dengan gangguan suara yang bisa membuat kesalah pahaman. Jika berkomunikasi dengan teks, gangguan suara ini tidak akan terjadi.

Walaupun terkesan menakutkan, telekomunikasi bahasa Inggris lewat telephone tidak boleh dihindari. Jika kamu sering praktik, nantinya pasti terbiasa dan tambah mahir. Jika sudah mahir, kemampuan ini sangat berguna sebagai skill. Skill ini bisa saja jadi asset yang kamu manfaatkan untuk sukses saat mencari pekerjaan. Di era globalisasi ini banyak perusahaan mencari karyawan yang mampu membuka peluang kerja sama dengan warga asing. Jadi dengan skill telephone dalam bahasa Inggris, kamu bisa jadi lebih sukses.

Telephone Tips in English

Untuk memudahkan kamu belajar, gunakan telephone tips in English berikut ini.

1. Melakukan Persiapan Sebelumnya

Telephone tips in English yang pertama adalah melakukan persiapan diri. Jika kamu ingin telephone, pastikan singkat pada dan jelas. Orang luar negeri biasanya hanya berbicara di telephone seperlunya, kecuali dengan kerabat dekat.

Hal yang bisa kamu persiapkan adalah poin – poin yang akan kamu komunikasikan. Jika kamu sudah buat poin ini, kamu jadi tidak terjebak di awkward silence karena panik. Kepanikan saat berbicara dengan orang asing bisa terjadi jika tidak biasa dan tentu tidak mengenakkan. Jika menggunakan catatan, kamu bisa lancarkan poin pembicaraan dan berbicara dengan lebih fokus.

2. Coba Berbicara Jelas

Telephone tips in English yang berikutnya adalah berbicara jelas. Sama halnya dengan berbicara dengan bahasa Indonesia di telephone, kamu harus berbicara jelas. Kamu tidak perlu terburu – buru dalam berbicara, yang penting lawan bicara kamu mengerti. Saat berbicara, kamu juga tidak boleh merasa minder atau takut. Jika muncul perasaan minder ini bisa menyebabkan suara kamu gagap dan bergetar. Untuk beberapa orang rasa takut dan minder membuatnya berbicara dengan volume kecil. Jika ini terjadi, lawan bicara kamu malah akan jengkel karena suaramu tidak bisa didengar.

3. Jangan Malu Untuk Bertanya

Saat berbicara di telephone, terkadang bisa saja terjadi gangguan telekomunikasi. Hal seperti suara dari luar atau hilang sinyal, bisa membuat informasi tidak jelas. Jika ini terjadi, jangan malu untuk bertanya. Minta orang yang diajak bicara untuk mengulangi kata – katanya jika tidak jelas. Hal ini lebih baik dari pada kamu diam dan malah salah paham.

Bertanya tentang spelling sebuah kata juga disarankan jika kamu tidak tahu penulisannya. Beberapa kata dalam bahasa Inggris bisa terdengar sama walaupun artinya berbeda. Misalnya saja kata knight dengan night. Kedua kata ini terdengar sama, tapi memiliki artian beda. Jika tidak yakin, bertanya bagaimana ejaannya agar tidak salah info.

4. Selalu Sediakan Kertas dan Alat Tulis

Telephone tips in English berikutnya adalah dengan menggunakan alat bantu mencatat. Saat berkomunikasi dengan orang asing, kamu harus selalu siap dengan kertas dan alat tulis. Alat ini bisa digunakan untuk mencatat spelling ataupun informasi penting yang kamu dengar. Pembicaraan bahasa Inggris biasanya lebih cepat dibandingkan bahasa Indonesia, jadi kamu tidak akan melewatkan info penting jika ada alat bantu ini.

5. Tunjukan Bahwa Kamu Mendengarkan

Saat mendengarkan tunjukan bahwa kamu menyimak. Kata – kata yang bisa digunakan untuk hal ini contohnya

  • Yeah
  • Oh, I see
  • I see
  • Right
  • Exactly

Kata – kata di atas hanya contoh kecil saja. Sebenarnya dengan membuat suara seperti “hmm…”, “uh huh” dan sebagainya bisa juga digunakan. Gunakan suara – suara ini setiap lawan bicara kamu sudah menyampaikan informasi yang penting yang panjang. Jangan sekali – kali menggunakan suara atau kata – kata menyimak di atas saat di tengah pembicaraan. Jika kamu salah timing, orang tersebut bisa saja tersinggung karena disela.

6. Selalu Ulangi Hal – Hal Penting

Jika mendengar nama orang, nomor telephone, tanggal dan berbagai informasi penting lain, kamu harus ulangi di telephone. Pengulangan ini berguna untuk memastikan informasi yang didapat sudah benar. Misalnya saja saat mendengar informasi tentang tanggal undangan acara penting. Ulangi tanggal acara dilakukan, tempat acara berlangsung, jam dan nama acaranya. Jika si lawan bicara sudah konfirmasi, catat informasinya di kertas agar tidak lupa.

Pengulangan ini juga berlaku saat Anda yang memberi info. Pastikan mengulang perkataan dua kali dengan suara yang lebih jelas. Jika perlu pengulangan bisa dengan lebih lambat ataupun mengeja kata – katanya. Misal saat memberi tahu nomor telephone, kamu menyebutkan nomornya lengkap sekali, lalu mengulangnya dengan menyebutkan perlahan setiap nomornya.  

Nah itu dia informasi telephone tips in English yang bisa kamu bagikan, mudah – mudahan tips tersebut dapat berguna dan dipraktikkan dengan baik ya LC’ers. Selamat mencoba!!!

Materi lain yang bisa kamu baca: Kiat Sukses Belajar Bahasa Inggris.