component of speaking

Kemampuan berbicara atau speaking skill merupakan kemampuan penting dalam berkomunikasi dengan bahasa Inggris. Kemampuan berbicara bisa sangat penting karena dibutuhkan dalam aktivitas percakapan atau conversation. Speaking skill juga dibutuhkan ketika mengkomunikasikan sesuatu; seperti saat melakukan presentasi. Terdapat beberapa Component of speaking skill yang sebaiknya kalian ketahui dan juga pelajari agar meningkatkan kemampuan kalian berbicara dalam bahasa Inggris secara baik dan benar.

Berikut ini beberapa Component of speaking skill yang sebaiknya kalian pahami dan juga kuasai:

a. Pronounciation

Pronounciation atau pelafalan merupakan bagian penting dari kecakapan berbicara dalam bahasa Inggris. Pronounciation merupakan hal krusial ketika menggunakan bahasa Inggris secara lisan. Berbeda dengan bahasa tulis dimana pihak yang diajak berkomunikasi akan membaca huruf dan mencerna makna kalimat yang ditulis; pada percakapan maka lawan komunikasi harus mendengar apa yang dikatakan oleh pihak yang tengah berbicara. Pronounciation yang baik akan mengurangi resiko salah paham karena pihak lawan bicara gagal menangkap atau tidak mampu mendengar apa yang sebenarnya ingin dikatakan. Situasi tersebut dapat menyebabkan salah paham.

Pronounciation merupakan cara mengucapkan vocabulary dengan cara yang umum. Mengapa dengan cara yang umum? Karena bahasa Inggris terkadang memiliki dialek atau aksen. Pronounciation yang baik akan membuat lawan bicara menangkap apa yang kalian katakan. Praktek pronounciation yang baik melibatkan artikulasi, intonasi, ritme dan pemotongan frasa. Pada praktek conversation; pronounciation yang baik juga diikuti oleh bahasa tubuh atau gestur dan juga kontak mata untuk mengurangi resiko kesalahpahaman.

b. Grammar

Grammar merupakan salah satu komponen terpenting dalam berbahasa atau menggunakan bahasa untuk berkomunikasi. Grammar merupakan kesepakatan tentang bagaimana sebuah bahasa yang terdiri dari beragam vocabulary atau kosa kata agar bisa digunakan untuk berkomunikasi atau menyampaikan ide atau informasi.

(Baca juga: Pilih Grammar atau Speaking ???)

Penguasaan prinsip dan aturan yang tepat tentang grammar merupakan hal yang mutlak agar kalian dapat berkomunikasi dalam bahasa Inggris yang baik dan benar; baik secara tertulis ataupun secara lisan. Grammar merupakan bagian penting dari Component of speaking skill karena susunan kosa kata yang tepat merupakan hal penting untuk menyampaikan informasi secara lisan.

Berbicara dengan grammar yang salah akan membuat kalian gagal menyampaikan ide atau informasi. Kondisi tersebut disebabkan karena lawan bicara yang gagal memahami konten dari perkataan kalian akibat kesalahan gramatikal yang terjadi.

c. Vocabulary

Kosa kata atau vocabulary merupakan sebuah kekayaan berbahasa yang juga sangat penting sebagai bagian dari component of speaking skill. Seseorang dengan kemampuan grammar yang baik bisa saja gagal berkomunikasi karena tidak memiliki kelengkapan kosa kata untuk mengungkapkan ide atau menyebut suatu benda. Sehingga kekayaan kosa kata tidak boleh dipandang sebelah mata dan dianggap tidak sepenting kemampuan tentang penguasaan grammar.

Vocabulary atau kosa kata merupakan diksi atau pilihan kata yang tepat. Kekayaan akan kosa kata merupakan hal penting. Seseorang dengan kekayaan vocabulary yang banyak akan lebih mudah menangkap ide atau informasi yang disampaikan pihak lain dan begitu pula sebaliknya ketika berperan sebagai pihak yang berbicara untuk menyampaikan ide atau informasi. Vocabulary bisa berupa kata tunggal, kata majemuk, frasa ataupun idiom.

d. Fluency

Fluency atau kecakapan berbicara merupakan bagian berikutnya dari component of speaking skill. Seseorang yang cakap atau lancar berbicara dalam bahasa Inggris akan lebih mudah berkomunikasi. Fluency hanya bisa diperoleh melalui kombinasi kekayaan vocabulary yang banyak, penguasaan grammar yang baik, pronounciation yang tepat serta kepercayaan diri. Seseorang yang fluent atau lancar berbahasa Inggris akan mampu melakukan praktek berbicara secara komunikatif dan juga akurat.

Melatih fluency dapat kalian lakukan dengan diawali melalui aktivitas membaca atau bernyanyi untuk melatih pronounciation dan insting gramatikal. Kemudian dapat ditingkatkan dengan menyampaikan ide atau informasi secara terstruktur.

Dalam sebuah conversation class; latihan fluency sebaiknya dilakukan dengan membebaskan anggota kelas mengekspresikan diri tanpa dikoreksi terlebih dahulu. Menghentikan aktivitas berbicara untuk melakukan koreksi dapat mengurangi kelancaran arus komunikasi atau pembicaraan.

e. Comprehension

Comprehension atau komprehensi merupakan kemampuan untuk menerima dan memaknai sebuah rangkaian aktivitas komunikasi. Komprehensi dalam penguasaan bahasa kedua atau bahasa baru terkadang menjadi sesuatu yang sulit. Terdapat perpaduan antara respon verbal dan non verbal yang membuat kemampuan komprehensi dalam berbahasa Inggris menjadi sesuatu yang menantang bagi kalian.

Melakukan praktek secara terus menerus dan sebanyak mungkin berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Inggris merupakan cara terbaik untuk memiliki penguasaan komprehensi yang baik. Seseorang dengan tingkat komprehensi bahasa Inggris yang tinggi akan merasa bahasa tersebut sebagai bahasa yang menyatu dalam diri terkait kemampuan berbahasa. Sehingga proses pemahaman saat menerima informasi dan kreativitas berbahasa saat memberikan informasi dapat dilakukan secara refleks.

Penjelasan mengenai component of speaking ini bisa juga kamu simak melalui video Mr Basron berikut ini:

Kelima component of speaking skills tersebut harus kalian kuasai jika ingin menjadikan bahasa Inggris sebagai salah satu yang dikuasai secara utuh dan menjadi bagian dari kemampuan berkomunikasi kalian. Selalu bersemangat untuk praktik ya LC’ers !!!

Kampung Inggris Search :

  • component of speaking