penggunaan used to

Kalau kamu sering menonton film Hollywood, kamu pasti sering mendengar ungkapan “used to”. Dibandingkan bentuk past lainnya seperti did, kata used to lebih sering digunakan untuk mengungkapkan sesuatu di masa lalu.

Masalahnya, orang seringkali bingung membedakan penggunaan used to, use to, dan be used to. Bagaimana cara membedakannya? Berikut ini keterangannya ya guys!

Perbedaan Use To, Used To, dan Be Used To

Sebelum mengetahui bagaimana penggunaan used to dalam bahasa Inggris, yuk belajar dulu perbedaan use to, used to, dan be used to!

Selama ini, ketiga kata ini sering disalahartikan dan dibolak-balik penggunaannya. Bahkan native speaker pun sering salah menggunakan ketiga kata ini. Jadi setelah belajar tentang perbedaan ketiganya, pastikan kamu tidak mengulangi kesalahan tersebut ya!

Use To

Penggunaan use to hanya berlaku pada kalimat yang mengartikan “use” sebagai menggunakan. Jadi tidak ada perubahan arti dengan penggabungan kata use dan to di sini.

Adalah salah Jika use to digunakan untuk mengungkapkan sesuatu yang sudah biasa dilakukan. Karena pengertian use to tidak sama seperti used to, yang bisa memiliki arti ganda tergantung struktur kalimat.

Example:

  • I use to feel the same pain when he hurts you. (SALAH)
  • Which one do you use to draw the picture, a pencil or a drawer?

Used To

Penggunaan used to adalah bahasan terbesar dalam topik kita hari ini. Sebenarnya bagaimana cara menggunakan used to dalam kalimat? Detilnya kita bahas nanti ya. Untuk saat ini mari membahas garis besarnya.

Used to bisa berarti dua, yaitu bentuk past dari “use to” yang artinya “menggunakan untuk”, atau memang “used to” yang artinya “terbiasa”.

Sebenarnya ada beberapa kata lain yang bisa digunakan untuk mengekspresikan kata “terbiasa”, misalnya accustomed with dan inhabituated with. Akan tetapi kata-kata tersebut jarang digunakan di kehidupan sehari-hari.  Sebaliknya, kata accustomed with dan inhabituated with banyak digunakan di keadaan-keadaan formal.

Untuk memahami lebih jauh tentang used to, berikut ini contohnya ya.

Example:

  • I used to feel angry when I saw him with you (saya dulunya selalu merasa marah saat melihat kamu bersamanya).
  • She used to tell her father about her condition when he was alive (dia terbiasa menceritakan kondisi pada ayahnya saat ayahnya masih hidup).

Dalam contoh-contoh tersebut, kenapa verb-nya tidak berbentuk V2 meski bentuk kalimatnya past tense? Ini dikarenakan sudah ada kata yang berbentuk V2, yaitu “used to” yang mendahuluinya.

Being Used To

Being used to adalah bentuk passive voice dari use to, jadi artinya adalah “digunakan/dipakai untuk”. Sama seperti use to, tidak ada pengertian yang istimewa dari being used to. Dalam kondisi apa pun, being used to tetap memiliki arti yang sama, yaitu: digunakan untuk.

Example:

  • This pen is being used to write 1000 pieces of paper.

Akan tetapi sayangnya, banyak orang yang menyalahartikan being used to dan be used to. Padahal be used to punya pengertian berbeda, yaitu “menjadi terbiasa”. Be used to adalah persamaan dari get used to, dan keterangan tentang get used to bisa disimak di bawah ini.

Get Used To

Seperti yang sudah disebutkan, get used to adalah sinonim dari be used to. Akan tetapi ungkapan get used to lebih banyak digunakan karena lebih enak didengar. Selain itu, be used to penggunaannya juga sering disalahartikan dengan being used to.

Get used to memiliki arti “menjadi terbiasa”. Jika used to saja memiliki arti “terbiasa di masa lalu”, maka get used to menggambarkan kondisi yang terjadi di masa sekarang (present).

Example:

  • I get used to washing the dishes by myself (saya sekarang terbiasa mencuci perabot seorang diri).
  • I’m getting used to her naggings (saya mulai terbiasa dengan omelannya)

Mungkin ada yang bertanya kenapa di contoh pertama, setelah kata get used to malah ada washing dan bukannya wash? Ini adalah salah satu peraturan menggunakan kata used to.

Jadi setelah menggunakan kata get used to, kamu harus mengubah kata kerja yang menyertainya menjadi gerund. Sebab kata get used to dianggap sudah mewakili sebagai kata kerja.

Cara Menggunakan Used To Dalam Kalimat

Bagaimana, sudah paham bagaimana penggunaan used to dan kawan-kawannya? Supaya lebih paham, berikut ini kami terangkan cara menggunakan used to dalam kalimat.

Untuk Mengungkapkan Kejadian di Masa Lalu

Fungsi utama kata used to adalah untuk menerangkan kejadian yang terjadi di masa lalu (past) dan sudah tidak dilakukan lagi. Kata used to tidak mengubah arti sebuah kalimat, tapi bisa lebih menegaskan bahwa itu sudah tidak dilakukan di masa sekarang.

Untuk memahaminya, coba perhatikan contoh berikut ini.

Example:

  • I worked on the National Library three years ago.
  • I used to work on the National Library three years ago.

Untuk Memastikan Kejadian Nyata yang Dulu Pernah Terjadi

Fungsi kedua used to adalah untuk memastikan kejadian nyata yang dulu pernah benar-benar terjadi. Kadang-kadang ini diperlukan untuk menegaskan sebuah fakta yang kebenarannya diragukan. Berikut ini adalah contoh penggunaan used to untuk menegaskan kejadian di masa lalu.

Example:

  • June tells me that he worked on the National Library three years ago.
  • June tells me that he used to work on the National Library.

Mungkin ada yang memerhatikan kenapa contoh kedua tidak disertai adverbs of time (keterangan waktu)? Itu karena kata used to saja sudah cukup untuk menegaskan kalau June benar-benar bekerja di perpustakaan nasional.

Untuk Mengungkapkan Hal Yang Biasa Dilakukan (Tanpa Ikatan Waktu)

Meski used to terdengar seperti bentuk past tense, tapi penggunaannya lebih sering tidak terikat waktu. Artinya kamu bebas menggunakan ungkapan used to untuk menceritakan masa lalu, masa sekarang, dan bahkan masa depan. Berikut ini contoh penggunaan used to yang tidak terikat aturan waktu.

Example:

  • She used to call me when she’s sad (Dia biasa menelponku saat sedang bersedih).
  • She doesn’t call me anymore like she used to (dia tidak pernah menelponku lagi seperti dulu)

Untuk Mengungkapkan Hal Yang Akan Terbiasa Dilakukan Mulai Sekarang

Fungsi satu ini khusus untuk ungkapan used to yang didahului dengan kata “getting”. Lebih jelasnya, coba perhatikan contoh berikut.

Example:

  • He’s getting used to scold her daughter (dia mulai terbiasa memanjakan putrinya).
  • I’m getting used to wear a hijab (saya mulai terbiasa menggunakan hijab).

***

Itulah informasi lengkap dan mendalam tentang penggunaan used to dan kawan-kawannya dalam bahasa Inggris.

FYI, menggunakan kata used to dalam percakapan akan membuatmu terdengar lebih ahli dibandingkan “accustomed with”, apalagi “inhabituated with”. Jadi pastikan kamu menggunakan kata “used to” saja di kehidupan sehari-hari.

Jika kamu ingin belajar lebih jauh tentang penggunaan used to, kamu bisa diskusi langsung dengan teachers di Kampung Inggris Pare! Cukup daftar menjadi member dan kamu bisa sepuasnya belajar dengan para expert bahasa Inggris!

Ingin belajar tentang materi yang lainnya? Coba deh klik topik berikut ini: Perbedaan Because, Since, As, Due To, dan Owing To dalam Bahasa Inggris