Perbedaan Adjective ed dan ing

Pernahkah kamu menemukan kata-kata sifat yang dibentuk dari verb? Misalnya seperti kata “frighten”, yang diubah menjadi “frightened” atau “frightening”? Meski sekilas tampak seperti verb, kata-kata tersebut adalah adjective lho.

Tapi sebenarnya, bagaimana caranya mengubah verb menjadi adjective? Di mana letak beda adjective berakhiran ED dan adjective berakhiran ING? Temukan jawabannya dari materi ala Kampung Inggris di bawah ini.

Apa Itu Adjective?

Adjective adalah salah satu komponen part of speech yang berfungsi menjelaskan karakteristik dari noun/pronoun. Dalam pelajaran bahasa Indonesia, adjective disebut sebagai “kata sifat”.

Adjective dalam bahasa Inggris bisa terbentuk melalui beberapa cara, salah satunya adalah dengan memodifikasi verb. Kalau kamu ingin mempelajari adjective dengan lebih lengkap dan mendalam lagi, kamu bisa klik materi satu ini:

Pengertian Adjective, Jenis, dan Contohnya

Bagaimana Bisa Verb Berubah Menjadi Adjective?

Dalam bahasa Inggris, adjective memang bisa dibentuk dengan berbagai cara! Tidak seperti verb yang jauh lebih sulit dibentuknya, ada banyak kategori kata yang bisa dimodifikasi menjadi adjective.

Salah satu modifikasi adjective termudah adalah dengan memanfaatkan keberadaan  regular dan irregular verb. Cukup dengan menambahkan akhiran –ed dan –ing pada regular atau irregular verb tertentu, maka kamu bisa membentuk adjective yang baru.

Meski demikian, adjective dengan akhiran –ed dan –ing tidak memiliki pengertian yang sama, lho! Selengkapnya mengenai perbedaan adjective –ed dan –ing bisa kamu simak di subbab selanjutnya.

Adjective Dengan Akhiran –ED

Adjective dengan akhiran –ed adalah kata sifat yang menjelaskan apa yang dirasakan subject. Akan tetapi perlu digaris bawahi, bahwa adjective akhiran –ed berbeda dengan passive voice. Tidak semua verb yang diakhiri –ed bisa dikategorikan sebagai adjective. Contoh perbandingan antara adjective –ed dengan passive voice adalah sebagai berikut.

Contoh:

  • The old woman is helped by the scout boy (ADJECTIVE –ED)
  • My chair has been moved to the left side (PASSIVE VOICE)

Selain itu, ada satu perbedaan lagi antara adjective –ed dan passive voice. Sebagai kata sifat merangkap object, -adjective ed hanya bisa dikenakan pada benda bernyawa. Sedangkan passive voice bisa dikenakan pada segala jenis benda, entah itu bernyawa atau tidak.

Adjective Dengan Akhiran –ING

Adjective –ing adalah kata sifat yang digunakan untuk menjelaskan efek yang ditimbulkan suatu subject. Singkat penjelasannya begini: kita ambil contoh verb “annoy”, jika dijadikan adjective –ed maka bunyinya akan menjadi “annoyed”. Dalam bahasa Indonesia, “annoyed” artinya “terganggu”.

Akan tetapi coba sekarang kita ubah “annoy” menjadi adjective –ing, yaitu “annoying”. Artinya pun akan berubah menjadi “mengganggu”.

Contoh:

  • I feel terribly annoyed by his acts (aku merasa sangat terganggu dengan tingkah lakunya)
  • His acts are terribly annoying (tingkah lakunya sangat mengganggu)

Kalau adjective –ed dimiripkan dengan passive voice, maka adjective –ing dimirip-miripkan dengan gerund. Padahal lagi-lagi, adjective –ing dan gerund memiliki lingkup yang berbeda.

Sama seperti adjective –ed, adjective –ing adalah sifat yang dilekatkan pada subject. Ini artinya, hanya verb-ing yang mencerminkan dampak emosional saja yang bisa menjadi adjective –ing.

Sementara itu, verb-ing yang tidak menggambarkan dampak emosional (seperti swimming, reading, listening, dst) termasuk dalam kategori gerund.

Daftar Adjective Dengan Akhiran –ED dan –ING

Di bawah ini, admin Kampung Inggris Pare akan memberikan kamu daftar adjective dengan akhiran –ed dan –ing.

Kalau kamu ingin mudah memahami perbedaan adjective –ed dan –ing, kuncinya satu. Adjective –ed adalah kata sifat untuk yang terdampak, sedangkan adjective –ing adalah kata sifat untuk yang menimbulkan dampak.

VERBADJECTIVE -EDADJECTIVE-ING
BoreBoredBoring
SurpriseSurprisedSurprising
FrightenFrightenedFrightening
AnnoyAnnoyedAnnoying
DisappointDisappointedDisappointing
ConfuseConfusedConfusing
InspireInspiredInspiring
RelaxRelaxedRelaxing
SatisfySatisfiedSatisfying
FrustrateFrustratedFrustrating
ShockShockedShocking
ThreatThreatenedThreatening
TireTiredTiring
AmazeAmazedAmazing
ChallengeChallengedChallenging
DepressDepressedDepressing
DisturbDisturbedDisturbing
TerrifyTerrifiedTerrifying
ThrillThrilledThrilling
TouchTouchedTouching
WorryWorriedWorrying
FascinateFascinatedFascinating
EmbarrassEmbarrassedEmbarrassing
ExciteExcitedExciting
RelieveRelievedRelieving
DisgustDisgustedDisgusting

 

Itulah penjelasan lengkap mengenai penggunaan adjective –ed dan –ing serta perbedaannya! Jadi dicamkan baik-baik ya, kalau ending –ed artinya “ter-“ dan ending –ing artinya “meng-“.

Kalau kamu ingin belajar bahasa Inggris di tempat yang seru dan mendukung, so pasti pilihannya kudu Kampung Inggris Pare! As we all know, Kampung Inggris Pare adalah lembaga kursus bahasa Inggris terbaik dan terbesar yang ada di Indonesia! So dijamin deh pas kamu ke sini, pulangnya kamu bakal jago bahasa Inggris!

Ingin belajar materi lain yang nggak kalah serunya dari ini? Coba klik materi satu ini: Aturan Penggunaan Preposition dalam Bahasa Inggris