tips menjadi guru bahasa inggris

Menjadi guru bahasa Inggris bukanlah suatu pekerjaan yang mudah. Bahasa merupakan alat komunikasi terlebih lagi bahasa Inggris dipakai sebagai bahasa asing di beberapa negara termasuk Indonesia. Saat kalian menjadi guru bahasa Inggris, kalian harus mengajarkan pengucapan, spelling, vocabulary, grammar, dan lain sebagainya.

Berikut ini beberapa tips menjadi guru bahasa Inggris yang baik dan benar.

a. Mempersiapkan Lesson Plan Terlebih Dulu

Lesson plan adalah bagian terpenting dalam proses belajar mengajar termasuk mengajar bahasa Inggris. Apa itu lesson plan? Lesson plan adalah suatu rencana pembelajaran yang berisi materi – materi yang akan kalian sampaikan dan ajarkan kepada murid – murid. Ini menjadi aspek penting untuk diperhatikan dan disusun.

Bila kalian mengajar di sekolahan formal, kalian harus membuat lesson plan berdasarkan kurikulum bahasa Inggris yang sudah disediakan dan dirancang sebelumnya. Tetapi, secara teknisnya, guru bahasa Inggris bisa mencari materi ataupun media pembelajaran yang kreatif agar murid – murid tertarik dengan kelas bahasa Inggris.

Sebagai contoh, saat kalian memberikan tulisan dan materi untuk pelajaran vocabulary, kalian bisa mencari bacaan dan tulisan yang tak terlalu panjang tetapi mengandung isi cerita yang menarik sehingga murid – murid antusias dalam mengikutinya.

Selain pemilihan materi belajar bahasa Inggris, sebagai guru bahasa Inggris juga harus memastikan bahwa kalian tidak memberikan PR terlalu banyak. Daripada kalian menyuruh murid – murid membaca novel bahasa Inggris yang panjang dalam seminggu, lebih baik kalian memberikan tugas review tulisan pendek.

Hal ini akan membuat anak – anak tidak cepat bosan dengan tugas yang diberikan. Berikanlah tugas yang masuk akal sesuai dengan kapasitas murid – murid kalian. Mengajar bahasa Inggris tidak hanya memberikan latihan vocabulary, grammar, dan terjemahan tulisan, tetapi kalian harus bisa memberikan latihan praktek kepada murid – murid.

Di dalam kehidupan nyata, berkomunikasi memerlukan bahasa Inggris dan ternyata dalam berkomunikasi tidak semudah apa yang murid – murid pelajari di dalam kelas bahasa Inggris. Ada cara – cara untuk berkomunikasi dengan bahasa Inggris yang bisa diajarkan oleh guru bahasa Inggris.

2. Berdiskusi

Tips menjadi guru bahasa Inggris lainnya adalah melakukan kegiatan diskusi. Kegiatan diskusi ternyata bisa berperan penting di dalam proses pembelajaran bahasa Inggris. Dengan berdiskusi, maka baik guru dan murid akan berinteraksi, saling berkomunikasi, dan melempar pendapat tentang suatu materi.

Tentu saja hal ini akan menciptakan komunikasi dua arah yang membuat suasana kelas bahasa Inggris semakin hidup dan menarik. Terlebih lagi di dalam diskusi bahasa Inggris, hal ini akan meningkatkan kemampuan speaking skill para siswa.

Tetapi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat memulai diskusi bahasa Inggris. Pertama adalah kalian mampu menguasai materi diskusi. Bila di kegiatan diskusi, kalian disuruh membaca artikel. Maka kalian harus membaca artikel berulang kali untuk mendapatkan informasi yang tepat. Berikanlah pendapat dan pandangan terhadap artikel tersebut.

Langkah kedua adalah mengupayakan para siswa benar – benar mengikuti diskusi dengan baik. Hal ini dapat diindikasikan bahwa semua siswa terlibat dalam memberikan respon dan pendapat terhadap rekan lainnya di dalam forum diskusi.

Sebaiknya para siswa tidak berbicara dengan guru tetapi bersama teman diskusi mereka. Dengan berdiskusi, para siswa menjadi lebih berani tanya jawab, mengendalikan emosi, mengalokasikan waktu untuk berbicara dan mengutarakan pendapat, dan meningkatkan kemampuan bahasa Inggris. Jangan lupa untuk tetap berada di koridor diskusi bahasa Inggris agar para siswa bisa menyimpulkan hasil akhir diskusi yang dilakukan.

3. Menguasai Materi yang Akan Diajarkan

Cara lainnya menjadi guru bahasa Inggris yang baik adalah menguasai materi yang akan diajarkan di dalam kelas. Untuk meningkatkan kemampuan kalian dalam menguasai materi, maka kalian harus tetap membaca. Kalian bisa membaca koran, buku, majalah, puisi, dan lain – lain.

Membaca akan menjadi cara terbaik untuk mengumpulkan berbagai macam topik di dalam mengajar. Sedangkan memperkaya vocabulary, akan membantu kalian dalam mengajar kelas writing. Seorang guru bahasa Inggris yang gemar membaca pastinya akan memberikan inspirasi dan energi positif terhadap para siswa. Sebagai guru, kalian juga harus memperbaiki kemampuan bahasa Inggris. Kemampuan ini meliputi menerjemahkan artikel, menebak ratusan vocabulary, berkomunikasi, menulis, dan lain – lain.

(Baca juga: Tips Menghilangkan Rasa Takut Saat Belajar Bahasa Inggris)

4. Memiliki Kemampuan Mengajar Yang Mumpuni

Tips terakhir adalah memiliki kemampuan mengajar yang mumpuni. Kalian bisa melatih diri kalian agar nyaman dan percaya diri saat mengajar di depan kelas. Ini menjadi poin penting untuk menyampaikan ilmu dan pelajaran yang kalian pahami kepada para siswa.

Bila kalian grogi di depan kelas, maka materi yang diajarkan tidak terlalu jelas. Kalian bisa berbicara dengan jelas dan lantang. Bicaralah dengan cara terbaik yaitu tidak terlalu cepat dan pelan sehingga materi akan diajarkan dengan baik. Kalian juga harus bisa menstimulasi para siswa untuk menguasai materi yang kalian ajarkan.

Itulah tadi LC’ers beberapa tips menjadi guru bahasa Inggris yang baik. Kamu ingin juga menjadi pengajar bahasa inggris dengan kemampuan yang mumpuni? Kampung Inggris LC punya solusinya loh !!! Kamu bisa mengikuti program English Master Plus dengan durasi 6 bulan LC’ers. Dalam waktu 6 bulan selain belajar tentang materi-materi bahasa inggris kamu juga akan mendapatkan kelas dengan materi tentang teaching atau cara mengajar bahasa inggris. Tertarik? Kamu bisa membaca penjelasan lengkapnya DI SINI.

Atau bisa juga langsung menyampaikan pertanyaan dan konsultasi melalui nomor CS kami di:

0858 8888 1117 atau 0852 3111 1117

Kampung Inggris Search :

  • cara menjadi guru bahasa inggris
  • cra menjadi guru bahasa inggris
  • jadi guru bahasa inggris merupakan
  • tips menjadi guru bahasa inggris