Pengertian Coordinating Conjunctions

Conjunction adalah salah satu bagian dari part of speech yang sangat penting. Tanpa conjunction, kamu akan kesulitan banget menggabungkan dua kata atau kalimat. Mau tahu apa pengertian coordinating conjunction? Buat kamu yang lagi belajar bahasa Inggris, ini deh Kampung Inggris LC kasih materi tentang coordinating conjunction buatmu.

Apa Itu Conjunction?

Dalam bahasa Inggris, conjunction adalah kata yang biasa digunakan untuk menyambung dua klausa atau kalimat jadi satu kesatuan yang padu. Biasanya conjunction ada yang digunakan untuk klausa yang setara, ada pula yang bisa digunakan untuk klausa kontras dan berjenjang.

Bingung? Diingat-ingat lagi pelajaran bahasa Indonesia pas SMP ya, LCers! Karena conjunction kalau di-Bahasa Indonesia-kan, sama halnya dengan “kata sambung”. Contoh conjunction words yang paling sering kita temukan misalnya and, or, but, because, as long as, dan masih banyak lagi.

Jenis-Jenis Conjunction

Para ahli bahasa Inggris banyak yang berbeda pendapat mengenai penggolongan jenis conjunction. Ada yang menyebut conjunction ada tiga, empat, sampai tujuh jenis. Akan tetapi secara konsensusnya (ciyee konsensus xD), para pembelajar bahasa Inggris mengenali empat jenis conjunction.

Keempatnya jenis conjunction tersebut adalah coordinating, correlative, conjunction of time, dan subordinating conjunction. Di sesi pertama ini, kamu akan mempelajari coordinating conjunction terlebih dulu

Pengertian Coordinating Conjunction

Coordinating conjunction adalah jenis conjunction yang bisa kamu gunakan untuk menghubungkan dua kalimat atau klausa yang setara. Yang dimaksud kalimat/klausa setara di sini adalah kalimat/klausa yang nilainya sama, tidak berkebalikan, dan umumnya setopik. Contoh kalimat setara bisa kamu lihat di bawah ini.

Example:

  • Alena eats the noodle
  • Danish eats the noodle
  • Alena and Danish eat the noodle

Dalam contoh di atas, poin pertama dan kedua memiliki nilai yang sama dan tidak berkebalikan. Bahkan topik yang dibicarakan dalam kalimat-kalimat tersebut sama. Jadi daripada dipisahkan, lebih baik dua kalimat tersebut dijadikan satu dengan coordinating conjunction “and”.

Coordinating conjunction ada empat jenis, yaitu cumulative conjunction, alternative, adversative, dan relative.

Cumulative Conjunction

Cumulative conjunction adalah kata sambung yang bisa kamu gunakan untuk menyambungkan dua klausa setara dan menambahkan informasi baru. Kamu bisa memakai cumulative conjunction untuk menambahkan informasi yang berkaitan dengan kalimat sebelumnya. Daftar cumulative conjunction bisa kamu simak dalam tabel di bawah ini.

CUMULATIVE CONJUNCTIONS MEANINGS
Again Lagi
And Dan
Also Juga
Both…and Dan…juga
Besides Selain itu
Furthermore Lagipula, selanjutnya
Further Selanjutnya
Likewise Seperti itu juga
Moreover Lagi pula, terlebih lagi
Not only…but also Tidak hanya…tetapi juga
No less than Tidak kurang dari
Secondly, thirdly, fourthly… Yang kedua, ketiga, keempat…

Example:

  • I like to eat mango and avocado, they’re my favorite fruits
  • She refused the gift from her ex, if I were her I would do likewise
  • Both Peterpan and Ungu are the most popular Indonesia group bands

Alternative Conjunction

Jika coordinating menambahkan informasi, alternative conjunction adalah kata sambung yang dipakai untuk menjelaskan informasi yang berbeda dari informasi sebelumnya. Selain itu, alternative conjunction juga bisa digunakan untuk menunjukkan keberadaan opsi dalam sebuah konteks pembicaraan. Daftar alternative conjunction bisa kamu lihat dalam tabel berikut.

Alternative Conjunctions Arti
Either…or …atau
Else Kalau tidak
Neither…nor Tidak…dan juga bukan
Or Atau
Otherwise Kalau tidak

Example:

  • She doesn’t have the right to choose either to save or sacrifice herself
  • I want you to buy me a strawberry smoothie, otherwise I’ll still be mad at you
  • Which one do you want to buy, a dress or pajama?

Adversative Conjunction

Adversative conjunction mungkin sedikit mirip dengan alternative conjunction. Bedanya alternative conjunction digunakan untuk menyatakan adanya kondisi yang berbeda. Sedangkan adversative conjunction digunakan untuk menegaskan kondisi berbeda tersebut. Singkatnya, adversative conjunction adalah kata sambung untuk menyatakan kebalikan.

Adversative Conjunction Arti
But Tetapi
However Namun, tetapi
Notwithstanding Meskipun
Nevertheless Namun
Only Hanya (jika)
On the contrary Sebaliknya
Whereas Sebaliknya,sedangkan
While Sedangkan, ketika, walaupun
Still Tetapi …. masih
Yet Sekalipun begitu, namun

Example:

  • I’m still hungry, but we need to go now
  • She’s indeed the prettiest girl in school. Still, she’s not my type
  • He was bleeding yet he still fought until the war ended

Relative Conjunctions

Relative conjunction adalah kata sambung untuk dua atau lebih klausa/kalimat yang memiliki hubungan sebab-akibat. Contoh conjunction words yang merupakan relative conjunctions ada di bawah ini ya, LCers.

Relative Conjunctions Arti
Accordingly Karena itu, jadi, maka
Consequently Oleh karenanya
So Maka
Hence Karena itu, karenanya, sebab itu
Wherefore Mengapa
Thus Jadi, maka

Example:

  • I want to eat an ice cream, so I go to the store nearby
  • He always studied hard, hence he becomes the most outstanding student in this school
  • The massacre is so brutal, thus it can’t be forgiven easily

 

Itulah penjelasan lengkap mengenai coordinating conjunction yang bisa kamu pelajari hari ini, LCers. Untuk materi-materi selanjutnya mengenai correlative, subordinating, dan correlation of time silakan ditunggu ya!

Jika kamu ingin belajar bahasa lebih serius lagi, yuk belajar aja ke Kampung Inggris LC! Di sini, kamu bisa langsung kursus dengan teacher-teacher muda dan tentunya jago bahasa Inggris! Atau masih belum sempat datang ke sini?  Kalo ya, langsung aja klik materi kita satu ini: Perbedaan Must dan Have To