Pengertian Pronoun, Fungsi, Jenis, Contoh, dan Cara Penggunaannya

3 min read

pengertian pronoun

Pengertian pronoun ialah sebagai kata ganti orang yang memang menjadi khas di dalam bahasa Inggris. Pronoun ternyata menjadi bagian dari part of speech yang memang seringkali membuat pelajar dari negara lain merasa bingung. Digunakan pronoun ini dengan tujuan agar tidak terjadi pengulangan kata benda berkali-kali.

Dalam bahasa Indonesia, dikenal juga beberapa jenis pronoun, namun tidak sekomplit pronoun yang ada di bahasa Inggris. Biasa dikenal dengan kata ganti “nya” yang membuat penjelasan suatu kalimat atau bacaan lebih enak dibaca. Di dalam bahasa Inggris kita mengetahui bahwa setiap gender atau kata benda yang terbagi antara she, he, dan it itu memiliki ciri khas tersendiri.

Maka dari itu, ketika mempelajari suatu bahasa asing atau baru ada baiknya Anda tidak menyamakan dengan bahasa Ibu. Maksudnya, sebagai contoh Anda mempelajari bahasa Inggris dan bahasa ibu merupakan bahasa Indonesia, ketika belajar jangan semuanya disamakan. Anda bisa menempatkan posisi diri supaya mampu mempelajari bahasa tersebut namun tidak semua aspeknya.

Fungsi Pronoun

Setelah membahas pengertian pronoun, berikutnya akan dipaparkan mengenai fungsinya untuk apa saja. Dengan bahasan ini diharapkan Anda bisa menggunakan pronoun untuk penempatan yang tepat, pada saat speaking atau writing bahasa Inggris. Dari bahasan berikut diharapkan Anda tidak menghafal, namun lebih kepada pengamalannya.

Fungsi pertama ialah sebagai sebagai subjek. Subjek pronoun merupakan orang yang akan melakukan kegiatan tersebut. Sebagai contoh diambil pronoun “They” yaitu They eat noodle everyday. Ada fungsi lainnya yaitu sebagai objek, yaitu sasaran dari maksud kalimat tersebut. Contoh kalimatnya ialah Fadil loves Jeny. Anda juga bisa melihat contoh lain seperti “He likes them so much”.

Fungsi lain dari pronoun juga dibahas sebagai objek preposisi yang biasa menggunakan kata by, in, on, dan lainnya. Pronoun yang letaknya tepat setelah preposisi inilah yang kemudian disebut sebagai objeknya. Untuk contoh bisa berupa kalimat passive. “I was surronded by good people only”, dimana yang menjadi objek disini ialah good people.

Terakhir, yang menjadi fungsi pronoun ialah complement yang sering dipahami sebagai pelengkap. Anda harus memperhatikan bentuk dari kalimat complement itu sendiri. Sebagai contoh ‘My uncle is a Prime Minister”. Dimana dari contoh kalimat ini menjelaskan bahwa pamannya merupakan seorang Perdana Menteri. Itulah beberapa fungsi pronoun yang sering digunakan dalam kalimat sehari-hari.

Jenis Pronoun Yang Harus Diketahui

pengertian pronoun

Untuk memahami suatu topik, Anda sebaiknya tidak memahami hanya dari segi pembagian jenisnya saja namun sertakan dengan contoh. Dengan cara ini dijamin akan lebih mudah untuk Anda dalam memahami pengertian pronoun dan penerapannya. Ada banyak sekali jenis pembahasan teori bahasa Inggris hanya dalam bentuk penjelasan tanpa ada contoh.

Rekomendasi :  Persiapan Menghadapi Tes TOEFL yang Wajib Kamu Lakukan

Untuk jenis pronoun pertama yang harus Anda ketahui ialah Personal Pronoun yang menjadi salah satu jenis kata ganti. Penggunaan kata ganti ini biasanya menunjukkan benda, orang, atau hal spesifik lainnya yang memang disesuaikan lagi dengan peran. Anda harus memperhatikan bentuk dari kalimat dan maksudnya sebelum menggunakan kata ganti atau pronoun.

Perannya bisa sebagai reflexive, subject, object, dan juga possessive dengan jumlah baik itu singular maupun plural. Anda juga harus memperhatikan bentuk orangnya apakah ia sebagai orang kedua atau bahkan ketiga. Untuk penggunaan kata ganti orang pertama biasanya tidak harus menggunakan pronoun.

Subject Personal Pronoun

Kedudukan pronoun dalam subject personal pronoun ialah sebagai subject dari kalimat itu sendiri. Sebagai contoh:

I am a banker.

You are a chairwoman.

She is a teacher.

He is a policeman.

They are champion.

Object Personal Pronoun

Agar bisa memahami bagian ini, akan lebih baik jika Anda langsung melihat contohnya.

I love her.

She is better than me.

They ask help from him.

Possessive Personal Pronoun

Selain pronoun sebagai subject dan object, pronoun juga diterapkan dalam possessive personal pronoun. Bagaimana pengaplikasiannya dalam kalimat? Berikut ini beberapa contohnya.

His wife is living far away.

This table is hers.

Masih banyak contoh lain yang bisa dijadikan kalimat hingga Anda bisa paham.

Reflexive Personal Pronoun

Sesuai dengan namanya, bentuk ini menunjukkan refleksi atau pantulan dari kata ganti yang menjadi objek atau subjek tadi. Contohnya sebagai berikut:

I make my own car.

She makes cake for herself.

Demonstrative pronoun

Jenis pronoun kedua ialah demonstrative pronoun yang menjadi kata ganti benda atau yang sedang dibicarakan. Anda harus membedakan bentuk singular dan plural dari number yang dimaksud terlebih dahulu. Sebagai contoh, bentuk singular untuk menyatakan “itu” ialah that, sedangkan bentuk singular untuk menyatakan “ini” ialah this.

Sedangkan untuk bentuk plural dari pengertian pronoun “this” adalah “these” sedangkan bentuk plural dari “that” ialah “those”. Contoh dari demonstrative pronoun adalah:

These pencils are mine.

Those shirts are hers.

Relative/Conjuctive Pronoun

Ketika kita hendak menggunakan kata ganti untuk menghubungkan dua buah kalimat atau pronoun, bisa menggunakan pronoun jenis ini. Hal yang menjadi pembagian atau jenis pronoun ini ialah where, which, whose, that, who, etc. Bentuk pronoun ini biasanya memiliki arti “yang” dimana kita ketahui bahwa yang tidak ada dalam bahasa Inggris.

Rekomendasi :  9 Contoh Kalimat Pronoun berdasarkan Jenisnya

Contohnya:

The girl who is drinking juice is my sister.

The man who stands near you was my ex.

Indefinite Pronoun

Kata ganti orang atau benda yang tidak spesifik ialah pengertian dari indefinite pronoun. Untuk lebih memahaminya akan lebih baik jika Anda langsung melihat contoh berikut ini. Namun, sebelumnya Anda harus tahu pembagian apa saja yang termasuk ke singular dan juga pluralnya.

Untuk bagian singular ialah somebody, everybody/everyone, anybody/anyone, anything, everything. Meski banyak yang mengira bahwa bentuk ini ialah plural, namun Anda tidak bisa memberikan aksi atau merubah bentuk tersebut. Kemudian yang termasuk jenis singular lainnya ialah somebody, someone, one, nobody, nothing, neither, either, enough.

Selanjutnya, untuk bagian plural yang termasuk ke dalamnya ialah several, both, few, ones, fewer, dan jenis lainnya. Sedangkan, bagian yang termasuk bagian plural dan juga singular sekaligus ialah all, none, any, more, most, some, most, dan lainnya. Untuk lebih memahaminya akan diberikan contoh berikut ini.

My  ex boyfriend is nothing for me now.

She wants to get everything she pursuing.

He just has several friends.

They dont care about anyone.

Reciprocal Pronoun

Jenis pronoun yang tidak dibahas di pengertian pronoun ini digunakan untuk menjelaskan keterkaitan antara hubungan dua individu atau lebih. Kata ganti yang digunakan di dalamnya seperti one another, each other, dan juga sejenisnya. Berikut ini akan dijelaskan contohnya:

They love each other.

These siblings are helping one another.

Interrogative Pronoun

Kata ganti tanya ini digunakan untuk memberikan pertanyaan kepada beberapa hal yang ingin mereka ketahui. Yang termasuk di dalamnya ialah whom, whose, why, how, dan why.

Contoh:

Whose car does park in front of my house?

Why do you meet me in this time?

Itulah beberapa penjelasan lain daripada pengertian dari pronoun, jenis, fungsi, beserta contoh yang bisa Anda gunakan dalam bentuk kalimat lainnya. Jadi, apabila Anda ingin lancar berbahasa Inggris, maka mengetahui tentang pronoun, termasuk pegertian pronoun, jenis, contoh serta cara penggunaannya.

vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
×

Panduan Belajar di Kampung Inggris

Rekomendasi :  Cara Presentasi dalam Bahasa Inggris untuk Pemula